24 December 2007

CATATAN PRODUKSI #01

Akhirnya shoting juga di Korea setelah menghabiskan waktu untuk pekerjaan yang sebenernya sangat berat buat aku; duduk di depan komputer dan berkonsentrasi menulis. Hampir semuanya sudah siap mulai dari lokasi, alat sampai pemain. Naskah memang selalu tidak pernah selesai sampai film ini sendiri selesai, always and always open script just like my others day in filmmaking. Hanya tinggal menunggu dua pemain yang masih liburan ke Seoul, reading sebentar dan shoting.

Aku jadi inget Mayar, film yang aku buat dengan konsep yang sama dan masih sangat aku cintai sampai hari ini. Pada saat produksi Mayar aku bersusah payah untuk mendapatkan pinjeman handycam Digital 8 (handycam canggih waktu itu), disini aku juga bersusah payah untuk bagaimana aku bisa shoting hanya dengan handycam, karena alat yang tersedia melimpah ruah mulai dari HDV sampai kamera film.

Jelas pra produksi kali ini sangat berbeda. Aku jadi tambah kangen sama temen-temen fourcolours. Rasanya beda biasanya memimpin sebuah rapat pra produksi dengan bahasa jawa include pisuhan dan sekarang dengan bahasa yang nggak jelas, inggris pada nggak ngerti korea aku yang grotal-gratul, sedangkan filmnya pake bahasa china (pisuhan gak ada masalah, udah lancar). Yang membuat lebih complicated karena disini semua bahasa-bahasa standart produksi dan nama alat sebagian besar sudah diubah dengan bahasa Korea. Tapi bukan itu yang paling penting, karena aku masih merasa punya soul and passion yang sama dengan mereka di produksi ini.

Huan Chen Guang, this is film about journey of two chinese girls in search for happiness. Then what is happiness? How to find happiness? Where to find happiness? What is the meaning of happiness?

2 comments:

Anonymous said...

pakai PAL atau NTSC om?

IFA ISFANSYAH said...

PAL FILMS co-production with NTSC PICTURES..hehe..shot di korea ntsc, ada tambahan footage dari jogja pal, trus ada scene di beijing pal juga..mudah2an mereka bisa temenan lah di film ini :)