16 December 2007

MELAWAN NTSC

Sepertinya perjuangan melawan NTSC akan terus berlangsung selama tinggal di Busan. Setelah bulan lalu sukses aku kalahkan untuk membuat sebuah project, minggu ini giliran aku di hajar habis sama NTSC sialan itu.
Minggu lalu ada screening film tugas di kampus. Rangkain acaranya adalah pemutaran film-film tugas selama semester ini, pemilihan ketua perhimpunan mahasiswa tahun ini, perkenalan sekaligus pemutaran dua filmku dan di tutup dengan makan-makan. Dari kamar sudah berangkat dengan perasaan senang walaupun juga tidak dengan senyum-senyum dan sambil loncat-loncat.
Sampai di kampus, ruang screening yang mewah untuk ukuran sekolah film itu sudah dipenuhi hampir semua mahasiswa fakultas film dari semua angkatan. Film demi film sudah di putar, pemilihan ketua perhimpunan mahasiswa fakultas film pun selesai. Giliran pemutaran Harap Tenang, Ada Ujian! dan Setengah Sendok Teh setelah aku maju ke depan untuk perkenalan sekaligus kulonuwun ke mereka semua karena mulai semester depan aku akan lebih sering nginjak-injak kampus. Semuanya juga sudah tidak sabar ingin menyaksikan seperti apa sih film orang Indonesia ini.
Gila, NTSC kembali menang. PAL benar-benar tidak mampu berbuat banyak di player DVD maupun DV ruang screening itu. Salah satu orang lari ke studio karena aku dulu pernah bisa memutar DV tape PAL di salah satu ruang. Ternyata semua alat juga sedang dipakai di acara sebelah, pemutaran karya anak jurusan Broadcasting. PAL benar-benar tidak berkutik hari itu. Kalopun ada pemutaran lagi untuk mengalahkan NTSC, masih di bulan Maret saat pemutaran film ujian. Kali ini aku mengaku kalah, aku masih di hajar habis oleh NTSC. Tapi tidak ada kata lain, Lawan!!!

5 comments:

Anonymous said...

Hahaha, sayang yah padahal ak penasaran pengen denger komen mereka tentang film2 mu itu, apa lagi disana boleh dibilang kiblat film asia skarang. yaah semoga nanti kmu bisa mengalahkan NTSC itu :p

Anonymous said...

om,
jusuf kalla bilang, demokrasi itu hanya cara, bukan tujuan,....

boleh gak, kalo minjem istilah mjd PAL itu hanya cara, bukan tujuan,...

convert dikit kenapa sih? :(

*) semua dvd film om ifa, di simpan di komputer rumah di-convert ke mpeg. gak ada urusan sama PAL atau NTSC.

semetris said...

wah fa kacau mosok di korea ga ada converter pal to ntsc. selamat bejuang melawan ntsc

Anonymous said...

hahahahahahahahahaaaaa.... huahahahahahaha.... huahahahaha...

Unknown said...

wah, Fa. turut berduka yo. sumpah, turut berduka. tak dukung semangatmu untuk tak takluk terhadap NTSC sialan itu!