18 February 2008

KULIAH LAGI

Liburan musim dingin di Korea memang terlalu lama, tiga setengah bulan. Minggu kemaren sudah selesai KRS untuk semester depan dan awal Maret sudah mulai masuk hari pertama. Akhirnya kuliah lagi juga. Aku pikir dulu setelah selesai kuliah di ISI aku nggak akan kuliah lagi karena memang nggak suka. Ternyata hari ini aku melakukan hal itu lagi, kuliah. Ngisi KRS di ISI beda 180 derajat dengan di sini. Selama 8 tahun kuliah ISI aku KRS menggunakan mesin ketik manual, disini KRS di urus dari rumah karena semuanya ada di internet. Tapi aku tetap saja datang ke kampus karena nggak dong apa arti mata kuliah dalam bahasa Korea di website mereka. Akhirnya aku ngambil 15 sks semester ini. Itu pun masih di suruh nurunin lagi sama beberapa dosen karena katanya terlalu banyak dan mungkin sudah nggak perlu buat aku. Padahal aku pengen ngambil 18 sks.

Modern Film Theory
Aku ambil karena aku nggak begitu ngerti apa isi mata kuliah ini. Dan juga karena aku respect sama dosennya yang kebetulan juga salah satu programmer di Women International Film Festival. Dia juga ngajar di mata kuliah documentary yang tidak ada rencana aku ambil. Sering ngobrol setiap hari Rabu kalo pas ketemu di program Wednesday Doc di kampus. Aku pikir aku memang harus ambil salah satu mata kuliahnya dosen perempuan ini, Nam In Young.

Cinematography
Semester kemaren sempet ketemu dosennya dan aku janji untuk ambil mata kuliahnya. Kebetulan juga dosen yang baik, sering nelpon hanya untuk ngajak makan malam bareng dia dan istrinya di rumahnya yang kebetulan deket asrama. Dan juga aku sudah janji sama Kelik (DOP di beberapa filmku) untuk ambil mata kuliah ini dan cerita ke dia kalo pulang ke Jogja. Paling nggak janji dengan dua orang itu adalah alasan yang cukup kuat untuk aku ambil mata kuliah ini. Selain memang karena aku pengen tahu lebih tentang 16mm.

Producing
Mata kuliah ini harus aku ambil. Sempet mikir lama karena aku tahu dosennya hanya bisa bahasa Korea dan Prancis, nggak bisa bahasa Inggris. Akhirnya tetep aku ambil, itung-itung sekalian belajar bahasa Korea kalo memang nggak dong yang ia terangkan.

Directing
Dua kali di tolak masuk mata kuliah ini. Prof Lee pikir aku sudah nggak butuh lagi mata kuliah ini. Tapi aku ngotot dan jelasin kalo aku bener-bener butuh. Aku sama sekali belum pernah dapat apa itu directing dari sebuah kelas yang formal. Kebetulan aku juga nggak suka sama dosen mata kuliah ini, Cong Chang Lee.

Digital Film Production
Mata kuliah bikin film digital 10 menit. Aku pasti akan banyak belajar banyak di kelas ini dan bagaimana produksi dengan temen-temen disini. Walaupun mata kuliah ini yang pasti akan banyak menyita waktu, tapi sepertinya menyenangkan.

Sebenarnya masih ada lagi yang pengen banget aku ambil kayak Sound Technology, Film Grammar dan Scriptwriting. Tapi aku benar-benar belum bisa mengalahkan waktu karena jamnya barengan. Mudah-mudahan semester depan.

Fa, selamat belajar!

1 comment:

Anonymous said...

Kebetulan aku juga nggak suka sama dosen mata kuliah ini, Cong Chang Lee --> ga dong deh, ga suka dosennya kok malah diambil si mas ..

anw, selamat belajar lagi mas ifffaaaaa^ ^