29 April 2008

9808, PROJECT MELAWAN LUPA

Sebulan setelah sampai di Korea, beberapa teman pembuat film di Indonesia mempunyai inisiatif untuk berbuat sesuatu di tahun 2008 dalam rangka sepuluh tahun setelah peristiwa Mei 1998. Saya langsung mengiyakan tanpa berpikir panjang karena buat saya sangatlah menyenangkan melakukan hal yang positif bersama-sama, apapun itu. Beberapa bulan kemudian, jadilah Huan Chen Guang untuk project ini. Film ini lahir karena saya harus berada di sebuah ruang yang baru dan sangat asing saat mencoba mengingat-ingat lagi tentang peristiwa Mei '98. Sepuluh tahun setelah peristiwa itu, saya berada di sebuah negara yang bahkan mempunyai huruf yang tidak mampu saya baca pada waktu itu, saya hidup di sebuah asrama yang katanya international tapi 90 persen dari mereka yang tinggal disini adalah warga Cina, dan banyak hal yang baru lainnya. Hal tersebut yang menjadikan Huan Chen Guang akhirnya lahir untuk project ini. Mencoba menghubungkan dengan sebuah peristiwa di masa lalu dan sebuah peristiwa yang baru saya alami di masa kini.

Jika saja saya masih berada di Indonesia saat sepuluh tahun sejak peristiwa itu, tentu saya juga akan membuat hal yang berbeda. Dari sini saya belajar sedikit banyak tentang hubungan membuat film dan ruang si pembuat film. Saya sendiri mempunyai hubungan emosional yang sangat kuat dengan Mei 1998. Mungkin karena saya waktu itu sedang terlalu bersemangat untuk belajar menghadapi UMPTN sedangkan semua orang justru sibuk turun ke jalan dan membuat saya gagal mencapai lokasi try out karena terkena gas air mata tepat pagi hari setelah Moses Gatotkaca meninggal. Atau beberapa kali saya yang harusnya masih tidur tapi harus mengantar bapak ke kantor yang memutuskan tidak membawa motor karena sorenya pasti terjebak demo. Sebuah peristiwa yang asyik untuk seorang anak yang lulus SMA di tahun 1998. Setelah kenyataan mengharuskan bahwa sepuluh tahun setelah peristiwa itu saya harus tinggal di negara lain, jadilah Huan Chen Guang untuk project 9808 bersama 10 film pendek yang lain.

Click here for detail about 9808 project.

No comments: